You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Gununggiana
Desa Gununggiana

Kec. Madukara, Kab. Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah

Langkah-Langkah Membuat Identitas Kependudukan Digital (IKD)

Administrator 02 Juni 2024 Dibaca 17 Kali
Langkah-Langkah Membuat Identitas Kependudukan Digital (IKD)

Di era digital saat ini, kemudahan akses terhadap layanan publik menjadi salah satu prioritas pemerintah. Salah satu inovasi yang dihadirkan adalah Identitas Kependudukan Digital (IKD). Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat IKD, berdasarkan informasi yang tertera pada gambar yang dilampirkan.

1. Unduh Aplikasi IKD

Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi IKD. Aplikasi ini tersedia di Playstore bagi pengguna Android dan App Store bagi pengguna iOS. Cari aplikasi dengan kata kunci "IKD" atau "Identitas Kependudukan Digital", lalu unduh dan instal aplikasi tersebut di ponsel Anda.

2. Buka Aplikasi dan Isi Data Pribadi

Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi IKD tersebut. Anda akan diminta untuk mengisi data pribadi yang meliputi Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat email, dan nomor ponsel. Pastikan data yang Anda masukkan benar dan sesuai dengan data yang terdaftar di sistem kependudukan.

3. Verifikasi Wajah

Langkah selanjutnya adalah verifikasi wajah. Aplikasi akan meminta Anda untuk mengambil foto wajah melalui kamera ponsel. Pastikan pencahayaan cukup dan wajah Anda terlihat jelas untuk memudahkan proses verifikasi. Foto ini digunakan untuk memastikan bahwa identitas yang didaftarkan adalah benar milik Anda.

4. Datang ke Kantor Kelurahan

Langkah selanjutnya datang ke kantor kelurahan sesuai alamat yang tertera di KTP Anda. Di kantor kelurahan, Anda akan diminta untuk memindai kode QR sebagai bagian dari proses validasi akhir. Petugas di kantor kelurahan akan membantu Anda menyelesaikan proses ini.

5. Cek Email untuk Kode Verifikasi

Setelah mengisi data pribadi, cek email yang Anda daftarkan. Anda akan menerima email berisi kode verifikasi yang diperlukan untuk langkah berikutnya. Jika email tidak muncul di kotak masuk utama, periksa folder spam atau promosi.

6. Masukkan Kode Aktivasi dan Captcha

Kembali ke aplikasi IKD, masukkan kode verifikasi yang Anda terima melalui email ke kolom yang tersedia. Selain itu, Anda juga perlu mengisi captcha sebagai langkah verifikasi tambahan. Captcha ini bertujuan untuk memastikan bahwa proses registrasi dilakukan oleh manusia, bukan oleh bot.

7. Aktivasi Berhasil

Setelah verifikasi wajah selesai dan semua data telah diinput dengan benar, aplikasi akan menampilkan notifikasi bahwa aktivasi IKD berhasil. Anda kini memiliki Identitas Kependudukan Digital yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan administrasi.

 

Manfaat Identitas Kependudukan Digital

Dengan memiliki IKD, Anda akan merasakan berbagai manfaat, antara lain:

  • Kemudahan Akses: Anda dapat mengakses berbagai layanan publik secara online tanpa harus datang langsung ke kantor pelayanan.
  • Keamanan Data: Data Anda tersimpan secara digital dan lebih aman dari risiko kehilangan atau kerusakan dokumen fisik.
  • Efisiensi Waktu: Proses administrasi menjadi lebih cepat dan efisien, mengurangi waktu yang diperlukan untuk mengurus dokumen kependudukan.

Penutup

Pembuatan Identitas Kependudukan Digital merupakan langkah signifikan menuju modernisasi administrasi kependudukan di Indonesia. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat IKD dan menikmati berbagai kemudahan yang ditawarkan. Pemerintah terus mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam program ini demi terciptanya pelayanan publik yang lebih baik dan efisien.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image